Studi Epidemiologi Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue Dengan Pendekatan Spasial Sistem Informasi Geografis di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu [Penelitian Pilihan]


Latar Belakang : Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat dan menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Jumlah kasus yang dilaporkan cenderung meningkat dan daerah penyebarannya bertambah luas. Pada tahun 2004 di kota Palu, penderita DBD berjumlah 210 orang dengan 10 kematian. Tahun 2005 jumlah penderita DBD sebanyak 627 orang dan 12 diantaranya meninggal, dan tahun 2006 dengan jumlah penderita DBD sebanyak 334 orang dan 5 diantaranya meninggal. Sedangkan pada tahun 2007 sampai dengan bulan April jumlah penderita DBD sebanyak 593 orang dan 2 diantaranya meninggal. palu selatan_ikonos

Tujuan : Untuk mengetahui distribusi epidemiologi kejadian kasus DBD di kecamatan Palu Selatan berdasarkan karakteristik orang, tempat, dan waktu tahun 2004-2006, serta melakukan pemetaan distribusi spasial kejadian kasus DBD dengan pendekatan sistem informasi geografi (SIG) di kecamatan Palu Selatan tahun 2004 s/d 2006.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional, yang bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang distribusi kejadian DBD dengan pendekatan spasial SIG di kecamatan Palu Selatan tahun 2004 s/d 2006. Alamat penderita diambil titik koordinat dengan menggunakan Global Positioning System (GPS). Proses selanjutnya, data diolah dan akan disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan peta.

Hasil : Distribusi penderita DBD terbanyak laki-laki (52,48%), umur penderita terbanyak <15 tahun (46,60%), wilayah yang terbanyak penderita kelurahan Lolu Selatan (15,41%), waktu kejadian tertinggi terjadi pada bulan Mei s/d September. Terdapat 9 cluster kejadian DBD di kelurahan Tatura Utara dan kelurahan Tanamodindi. Diperoleh hubungan kepadatan penduduk dengan kejadian DBD (p = 0,0049881), suhu udara (25,30C – 28,10C) dan kelembaban udara (71,3% – 79,7%), diperoleh hubungan Angka Bebas Jentik (ABJ) dengan kejadian DBD di kecamatan Palu Selatan (p = 0,4623282).

Simpulan : Laki-laki lebih banyak beraktifitas daripada perempuan, penderita DBD lebih banyak pada usia anak sekolah, kelurahan Lolu Selatan memiliki kepadatan penduduk dan mobilisasi penduduk yang tinggi, peningkatan kasus terjadi pada waktu musim penghujan yaitu bulan April s/d Oktober, adanya pengelompokkan kasus penderita DBD di kelurahan Tatura Utara dan kelurahan Tanamodindi, kepadatan penduduk sangat berhubungan positif dengan kejadian DBD, suhu dan kelembaban sangat mendukung dalam perkembangbiakan vektor penular penyakit DBD yang menyebabkan peningkatan penderita DBD dari tahun ke tahun, ABJ tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan kejadian penyakit DBD

EPIDEMIOLOGY STUDY OF DENGUE HEMORRHAGIC FEVER CASES IN SOUTH PALU SUB DISTRICT, PALU, BY USING SPATIAL APPROACH OF GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

Background: At the moment, Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) is a public health problem which arise social and economic impacts. By the time, number of DHF cases tends to increase and the endemic area is wider. In 2004, number of DHF patients at Palu was 210 patients and 10 of them were died. The number of DHF patients increased to 627 patients (12 of them were died) in 2005 and 334 patients (5 of them were died) in 2006. In 2007, the number of DHF cases was enormous. Since January until April 2007, the number had reached number of 334 patients and 2 of them were died.

Objective: This study aimed to find out the epidemiology distribution of DHF cases at South Palu Sub district during the year of 2004 – 2006 in the basis of human, place and time characteristics; also to map its spatial distribution by using geographic information system (GIS) approach.

Methods: This was an analytical descriptive survey with cross sectional approach. This method was used to obtain the description of DHF spatial distribution in South Palu Sub District during 2004 – 2006. The coordinate points of patients’ addresses were taken by using Global Positioning System (GPS). The collected data were analyzed and presented on tables, graphics, and map.

Results: The epidemiology distribution results showed that most of DHF patients were men (52.48%); patients’ age were above 15 years old (46.60%); the highest endemic area was South Lolu village (15.41%), and the highest case numbers happened during May until September. There were 9 clusters of DHF cases in North Taturu and Tanamodindi villages. This study also reported that the DHF cases in South Selatan Sub District related to density (p=0.004), air temperature (25.3ºC – 28.1ºC) and air humidity (71.3% – 79.7%). In addition, there was also no relationship between Wiggler Free Rate (WFR) and DHF cases (p=0.462).

Conclusion: This study concluded that men had more activities than women; most of DHF patients were student aged; South Lolu village had high density and mobilization; and the increasing of DHF cases happened in rainy season during April – October. There were clustering of DHF cases in North Tatura and Tanamodindi village. Density and DHF had a significant relationship (p = 0.004). Air temperature and humidity supported the growth of DHF infector which caused the increasing of DHF patients year by year. Last, the WFR did not relate to DHF cases.

Oslan Daud[1], Hartono[2], Tri Baskoro Tunggul Satoto[3]

[1] Student of Health Management Information System, Gadjah Mada University, Yogyakarta

[2] Geography Faculty, Gadjah Mada University, Yogyakarta

[3] Faculty of Medicine, Gadjah Mada University, Yogyakarta

About these ads

14 Responses to “Studi Epidemiologi Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue Dengan Pendekatan Spasial Sistem Informasi Geografis di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu [Penelitian Pilihan]”


  1. 1 ubadbmarko 12 Juli 2008 pukul 19:24

    Pertamaxxx dulu…
    ngeri juga ya.

  2. 2 Ihm hambuako 14 Juli 2008 pukul 12:22

    chan,penelitinya di dinkes palu????

    [chandra] say : Penelitian ini dilaksanakan di Dinkes Kota Palu oleh kawan saya Oslan Daud, SKM., MPH

  3. 3 Ronggo Tunjung Anggoro 23 Juli 2008 pukul 11:12

    paan tuu mas tugas pa makalah atau skripsi

    [chandra] say :
    Kebtulan, Tesis kawan saya mas.

  4. 4 mohamadguntur 4 November 2008 pukul 10:59

    mas kalo boleh nanya, apa tesis kawan mas itu memiliki hipotesis? dan analisis hubungan variabelnya pake apa? soalnya aku tertarik untuk buat skripsi dengan aplikasi SIG di kota kendari Sulawesi tenggara> Mohon balasannya ya mas>

    Chandra : Jenis penelitian yang dilaksanakan kawan saya menggunakan survei deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional yang bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang distribusi kejadian DBD dengan pendekatan spasial SIG. Variabel yang digunakan sebagai Dependen yaitu Kejadian DBD, serta Variabel Independennya adalah kepadatan penduduk, Angka Bebas Jentik (ABJ), suhu udara, dan kelembaban udara.

  5. 5 nenny 26 Februari 2009 pukul 11:11

    mas nanya nih, saya tertarik dengan tesis temannya mas, klo untuk penyakit2 yang jarang terjadi seperti anthrax analisanya dengan SIG gmn ya? studinya retrospektif.
    Thanks ya mas.

  6. 6 Hayani Anastasia 18 Agustus 2009 pukul 12:10

    Great job….. coba datanya dibandingkan dengan yang telah dibuat Balai Litbang P2B2 Donggala di labuan. Kami sudah menlakukan hal yang sama untuk seluruh data kasus di kota palu. kalo gak salah sih dari tahun 2003.

  7. 7 Andriyanto pakiding 12 Oktober 2009 pukul 08:35

    ok mas mantap. sy juga sudah terapkan di t4 kerja saya.

  8. 8 Andre Sachrizal 24 Februari 2010 pukul 21:21

    mas…klo boleh nanya, Q sementara nyusun proposal neh…judulQ mengenai asuhan keperawatan penderita BDB,..klo menurut mas, kerangka konsep yang tepat untuk kasus saya seperti apa sih..? mas ada referensi gak? thank’s with u attention

  9. 9 Mujiyanto 1 Mei 2010 pukul 18:33

    Maaf Bung, penayangan di Blog sudah seizin yang melakukan penelitian belum yah. Jangan sampai di kemudian hari ada masalah, siapa tahu mau di publikasi sendiri sama yang melakukan penelitian.

    Tahun 2010 ini juga dari teman-teman Balai Litbang p2B2 Donggala melakukan untuk semua kasus di Palu, Insya Allah hasilnya akan dipublikasikan.

    Thank’s salam buat teman-teman di Palu

  10. 10 Chandra 3 Mei 2010 pukul 07:25

    Untuk penayangan di Blog ini tentunya sdh se-IZIN empunya Pak OD, semoga hasil penelitian teman2 di P2B2 bisa di Share ke Dinas, kesannya sampai saat ini hasil penelitian disana hanya untuk konsumsi sendiri.

    ok seep

  11. 11 internat radio 21 September 2010 pukul 17:44

    mantap Artikelnya mas…

    ditunggu postingan yg baru…

  12. 12 defi 2 November 2010 pukul 10:35

    izin,jadi bhan penelitian …
    …..sy mahsiswa kesehatan di kota palu…!
    ditunggu posting yang baru,palu barat juga..!!!

  13. 13 maktoim 16 Februari 2011 pukul 22:54

    mei-septmbr ya ?

  14. 14 Desi Enriyani 22 November 2012 pukul 19:37

    saya mahsiswa kesehatan senior medan mas,
    ingin mengakat gambaran pengetahuan ibu terhadap penyakit DBD pada ANAK. mas…..

    bentuk tesis yg bagay mana mas yg lebih akut untuk di laksanakan mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SEKAPUR SIRIH



Weblog ini menggunakan kata-kata dan bahasa campuran, semoga anda terbiasa dengan aksen saya, topik Weblog ini maunya sih "Sistem Informasi Manjemen Kesehatan" namun faktor "M" penyebab utama tulisan saya banyak yang aneh-aneh, ide awal Weblog ini sebenarnya karena saya konsen belajar di SIMKES UGM ditambah sedikit nekad dan keberanian menulis [sebenarnya kurang "PD" sih cuman mau diapa lea ... kita coba dulu .. berimba ??]

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 174 pengikut lainnya.



copy-2-of-cimg3078.jpg

"di saat jauh dengan orang yang kau kasihi, kau mungkin tiada akan merasa kan berduka. sebab, apa yang paling kau kasihi darinya, amatlah mungkin nampak lebih indah dari kejauhan. sebagaimana sebuah gunung, nampak lebih agung dipandang dari tanah ngarai dan dataran" (by:kg)

Tweet

Daftar Isi

KATEGORI

PERTINGGAL

Blog Stats

  • 89,613 hits

Potret Pengobat Rindu

xxxxxxIMG_6342

xxxxxIMG_6293

xxxxxIMG_6166

xxxxIMG_6356

xxxxIMG_6336

IMG_6360xxx

hanyamampumenatap

Sore itu

Genggam Aku

rapuh

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 174 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: