Malam ini Sebagian Warga Palu Mengungsi


Tepat pukul 18.00 Wita hari ini Penduduk Kota Palu yang berada di sekitar Sungai Palu bergegas mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi, Pasalnya Permukaan air Sungai Palu mulai beranjang naik. Dari pengamatan kami masyarakat diseputaran Maesa, Ujuna, Kalikoa, Besusu dan Kelurahan Kampung Baru saat ini telah mengungsikan barang-barang mereka ketempat penampungan maupun ketempat saudara terdekat.

Keadaan permukaan air sungai Palu saat ini telah melampaui tanggul yang dibangun di tepi sungai sehingga mengakibatkan pekarangan dan dalam rumah penduduk dipenuhi dengan air. Malam ini sekitar pukul 12.00 saya mencoba untuk kembali menyaksikan pemandangan langka ini, kebetulan tempat yang saya kunjungi di seputaran maesa khususnya dilingkungan Sintuwu.

Sekitar 95% penduduk yang bermukim di lingkungan tersebut telah mengungsi ke Tenda Penampungan yang berada di Samping Jembatan I tepatnya di Tempat tinggal lama kami di jalan hasanuddin no. 2 palu.

Satu pemikiran pada “Malam ini Sebagian Warga Palu Mengungsi

  1. kasian ya warga palu yang tinggal di sekitar aliran sungai palu, selalu kena musibah…
    sudah berbagai cara dilakukan sebagai solusi penanggulangannya, sampai saat ini cara2 yang dilakukan ternyata belum tepat.
    menurut saya mungkin selama ini pemerintah yang selalu disalahkan dengan peristiwa itu sudah berusaha sedemikian rupa, tapi usaha itu belum maksimal jika kesadaran dan dukungan dari masyarakat yang tinggal didaerah tersebut belum ada. maksud saya, masyarakat tersebut sebenarnya sudah tau jika tempat tinggal mereka memang beresiko tinggi akan banjr apalagi beberapa tahun terakhir, banjir memang sangat meresahkan warga khusunya didaerah2 itu, tapi apakah mereka tidak ingin merubah hidup jadi lebih baik.??menurut saya semua bentuk antisipasi banjir hanya di fokuskan ke sungai saja, bagaimana jika fokusnya diarahkan ke tempat tinggal warga???dalam hal ini pemerintah bekerjasama dengan warga untuk membentuk suatu pemukiman baru, memang tidak mudah, tapi mungkin cara ini bs membantu. pembuatan rumah susun misalnya, areal pemukiman yang rentan luapan air sungai yang berada sangat dekat dengan bibir sungai dijadikan sebagai areal hijau kurang lebih 150 m dr bibir sungai. dimana kepemilikan tanah dan rumah penduduk yang terkena areal hijau tersebut diganti dengan satu unit ruangan rusun.yang tentunya pengaturan untuk pembebasan lahan dan pemindahan tersebut ditentukan oleh pihak pemerintah secara adil. yah sebagai masukan saja,,dalam membantu penataan kota, karena daerah banjir tersebut berada di tengah kota dan terlihat daerah tersebut terlihat agak kumuh padahal berada dijantung kota. mungkin solusi saya bisa membantu. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s