EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI PUSKESMAS DI KABUPATEN BANTAENG PROPINSI SULAWESI SELATAN [Hasil Penelitian Pilihan]


Malam ini kebetulan lagi kehabisan kata-kata untuk nyusun pembahasan hasil bab IV thesis saya coba nyari akses internet terdekat untuk memancing mood saya, postingan berikut bukan iseng tetapi sengaja untuk memilihkan anda penelitian kawan kami yang telah rampung menyelesaikan pendidikannya di Simkes UGM. Berikut abstack penelitian tersebut :

Latar belakang: Sistem informasi kesehatan merupakan salah satu dari empat strategi utama pembangunan kesehatan. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan telah mencoba menerapkan sistem informasi di puskesmas yang berbasis elektronik dengan nama Sistem Informasi Transaksi Puskesmas (SITRAPUS) di Kabupaten Bantaeng sejak tahun 2006. Akan tetapi belum pernah dilakukan evaluasi mengenai keefektifan program tersebut.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan SITRAPUS di Kabupaten Bantaeng dari aspek proses pengembangan, output sistem, hambatan dan dukungan penerapannya.
Metode: Penelitian ini dilakukan secara kualitatif pada puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi sebagai metode pengumpulan data.
Hasil: Dari segi proses pengembangan SITRAPUS belum melibatkan operator secara mendalam dalam perancangan sistem, pengoperasian sitrapus belum tersosialisasi dengan baik sehingga pengguna masih merasa terbebani, belum ada struktur organisasi yang khusus menangani sistem informasi, masih kurangnya pembinaan, dan belum adanya technical support yang bertanggungjawab terhadap pemeliharaan SITRAPUS. Output SITRAPUS menghasilkan laporan tentang penyakit tetapi belum akurat, belum relevan dengan kebutuhan organisasi karena hanya tentang penyakit, tetapi dapat mempermudah pekerjaan karena lebih cepatnya pencarian data. Hasil Sitrapus dimanfaatkan di Puskesmas sebagai dasar untuk menghitung retribusi, sedangkan akses data ke kabupaten belum tepat waktu. Kesimpulan: Penerapan SITRAPUS di Kabupaten Bantaeng belum optimal karena proses penerapannya belum berjalan sesuai dengan kaidah siklus pengembangan sistem dan outputnya hanya mengenai informasi penyakit.

Keyword: Evaluasi, Sistem Informasi Transaksi Puskesmas
Publish date: Net Ner2U, 15 Mei 2008
Author: Sudarianto, SKM., M.Kes

3 pemikiran pada “EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI PUSKESMAS DI KABUPATEN BANTAENG PROPINSI SULAWESI SELATAN [Hasil Penelitian Pilihan]

  1. Silakan diteruskan kepada kolega yang mungkin memerlukan

    Untuk mendukung aktifitas tender/lelang pekerjaan bidang perkebunan, pertambangan, spasial, penginderaan jarak jauh, pemetaan, lingkungan, tata kota, kehutanan,pertanahan, pemerintahan daerah atau yang berkaitan dengan data citra satelit dan sistem informasi geografis, kami menyediakan jasa:

    1. Pengadaan citra satelit (Quickbird, WorldView 1 & 2, GeoEye, Ikonos, Spot 5 & 6, Aster, Alos, Terrasar, Rapideye & Landsat, dll)
    2. Penyediaan sumber daya surveyor untuk pemetaan / klasifikasi lahan
    3. Interpretaasi data citra dan kartography
    4. Processing data GIS Remote sensing.
    5. Training tingkat dasar bidang pemetaan / GIS Remote Sensing 6. Tool & equipment GIS Remote Sensing [GPS Trimble, Juno dll]

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:


    Lia Indriati
    GlobeView Indonesia

    Phone : [021] 80201488
    Mobile: 0815-1439-0815
    ID Blackberry: 25D273C0
    Whatsapp 085212166681
    Email: info@globeview.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s