Review Implementasi SIKNAS ONLINE pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah


Sesuai orderan dari Mbak nia, saya coba untuk sedikit demi sedikit menyicil tulisan seputar review implementasi Siknas Online di tempat kerja saya Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah [nanti tulisan ini akan diedit kembali=sebenarnya ngeri sih, cuman mau dibikin apa orang bilang tai kambing bulat-bulat, konsekuensi ikutan belajar dan tahu SIM Kesehatan di SIMKES UGM], mengapa review ini perlu disaya utarakan?, saya rasa mungkin teman-teman ingin mengetahui bagaimana, sejauhmana, langkah apa yang telah kami tempuh dengan seperangkat peralatan TI dari Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan RI ini. Kemudian tidak kalah pentingnya sumbang saran dari kawan-kawan sekalian kiranya langkah apa saja yang perlu dikoreksi untuk mendayagunakan Siknas Online ini sehingga dapat bermanfaat bagi pelayanan Prima kepada Masyarakat Sulawesi Tengah pada Khususnya.

Sekitar awal Januari Seperangkat peralatan Siknas Online ini datang dan terpasang di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, kebetulan saat itu Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah telah memiliki sebuah Server beserta kelengkapan Local Area Network yang katanya dipergunakan ” agar salah satu Subdin di Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah dapat melakukan Update Antivirus secara rutin” [informasi didapatkan dari Sumber terpercaya di Subdin tersebut], belum sempat Server beserta kelengkapan Local Area Network berfungsi dengan baik dan digunakan, secara bersamaan pula tiba bantuan dari Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan RI tersebut, maka tamatlah riwayat server yang ada sebelumnya.

Lanjut cerita, Seperangkat peralatan Siknas Online tersebut telah menghubungkan 3 [tiga] dari 6 [enam] Bagian/Subdin yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Subdin Bina Program dan PSK, Subdin Bina Tenaga Kesehatan dan Bagian Tata Usaha. Pertanyaannya sekarang kenapa hanya 3 [tiga] Subdin/Bagian yang dapat terhubung dengan jaringan Siknas Online ini?

Kondisinya begini, Kebetulan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 2 [dua] buah Gedung yang jaraknya berjauhan [sekitar 2 Kilometer], di Gedung Utama yang letaknya pada jalan Raden Ajeng Kartini No. 11 Palu dihuni oleh 3 [tiga] Bagian/Subdin yaitu Subdin Bina Program dan PSK, Subdin Bina Tenaga Kesehatan dan Bagian Tata Usaha. Sedangkan pada Gedung Kedua ditempati oleh 3 [tiga] Subdinas yaitu Subdin Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit [P2M], Subdin Bina Kesehatan Masyarakat dan Subdin Bina Pelauanan Medik.

Sekilas Mimpi : LAN di Dinkes Prov Sulteng

Permasalahannya, pertama masih membutuhkan tambahan peralatan berupa 2 [dua] buah tower beserta radio pemancar wifi untuk dapat melakukan koneksi, kedua persoalan biaya yang saat ini masih belum jelas, ketiga visi pengembangan siknas online di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah sendiri.

Dari ketiga masalah diatas, masalah yang ketiga merupakan masalah inti dari seluruh persoalan menurut saya, mengapa? hal ini jelas erat kaitannya dengan keberlangsungan Siknas online ini sendiri di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Saat ini visi pengembangan Siknas online pada level eselon sendiri hanya sebatas visi diatas kertas saja, sedangkan untuk pengembangannya masih abu-abu.

Beberapa waktu yang lalu sesuai perencanaan yang dibuat oleh Seksi Perencanaan Subdin Bina Program terdapat beberapa anggaran yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan masalah pertama dan kedua, namun sayangnya alur fikir Seksi Perencanaan sendiri menurut saya sendiri sangat tidak Populer bahkan cendrung mengarah pada Kegagalan Pengembangan Sistem Informasi. Mengapa? Ceritanya Seksi Perencanaan menginginkan agar Gedung 2 Dinkes Prov Sulteng [jalanan undata] dapat terkoneksi dengan internet dengan cara membuat sambungan baru jaringan internet [tidak menggunakan jaringan Siknas Online yang ada]. Menurut saya rencana ini mengandung nilai kegagalan pengembangan sistem informasi, kenapa bisa? ya tentu saja karena setiap tahunnya Dinkes Prov Sulteng harus menyediakan anggaran untuk membayar layanan ISP bagi rencana tersebut, sedangkan apabila kita mau bersabar dengan membangun [dua] buah tower beserta radio pemancar wifi untuk dapat melakukan koneksi wifi antara Gedung Utama Dinkes Prov Sulteng dengan Gedung 2 di jalan Undata tesebut, manfaat yang didapatkan selain bisa menghemat anggaran untuk kompilasi data melalui Local Area Network dengan Subdin P2M, Subdin Binkesmas, Subdin Yanmedik dengan Sudin Bina Program, Subdin Nakes dan Bagian Tata Usaha tanpa mengharap ada atau tidak koneksi internet.

Untuk penggunaan peralatan Siknas Online ini di Dinkes Prov Sulteng untuk tahap awal ini secara umum sangat baik, hal ini ditandai dengan seringnya dipergunakan Video Confrence untuk berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan lain di Indonesia dan dengan pihak Depkes sendiri. Untuk penggunaan internet saat ini telah mengalami banyak kemajuan beberapa staf saat ini telah giat untuk menyediakan data dan informasi melalui Weblog dan Situs web Dinkes Prov Sulteng, pemanfaatan local area network saat ini mulai dilirik dengan transfer file antar komputer, sharing printer, local chat menggunakan Net Meeting. [pendapat saya : “intervensi ini mendapat rekaksi yang baik, namun pemanfaatan Siknas Online ini bukan sebatas kegiatan diatas, dibutuhkan perencanaan yang baik untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya” ]

Saat ini Seksi Data dan Informasi bahkan telah memiliki rencana untuk memasang Koneksi internet gratis dilingkungan Dinkes Prov Sulteng menggunakan Hotspot dengan tujuan agar penggunaan internet pada jaringan siknas online ini dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi.

4 pemikiran pada “Review Implementasi SIKNAS ONLINE pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah

  1. 1st advisor, om…
    Sebagai “orang dalam” dinkes sulteng tentu chandra lebih faham mengenai kondisi dan situasi dinkesnya. Perencanaan yang disusun oleh seksi perencanaannya sebaiknya di jadikan sebagai sebuah “agenda” pengembangan SIK…tidak hanya SIKNAS online, karena perlu di fikirkan untuk sustainnya di masa mendatang, ketika anggaran pusat untuk biaya setiap bit yang dipakai melalui jaringan SIKNAS Online tidak lagi mengalir. “Agenda” pengembangan yang saya maksud mungkin lebih pada penyiapan SDM, anggaran dan sarana serta pengaturan tanggung jawab dan kewenangan masing2 subdin di Dinkes Sulteng; apa dan bagaimana msetiap subdin meanfaatkan dan berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan di Sulteng melalui pemanfaatan TI. Agenda tersebut menuntun arah mau keman SIK di Dinkes Sulteng…
    Sukses Chandra mudah2an dapat tertular pada kami yang sedang mencari sistem informasi kesehatan yang bagaimana yang akan kami pakai dan cocok diterapkan di daerah nantinya…..

  2. Sekilas saya membaca tulisan bapak(atau mas) Chandra pada blog ini, saya sedikit berimajinasi bahwa pada dinas kesehatan provinsi Sulawesi tengah sudah maju. Menurut saya penggunaan conference(netmeeting) ini adalah salah satu tahapan penggunaan komputer yang sudah selangkah lebih maju.
    Tapi kemudian ketika saya cermati lagi ketika anda mengatakan bahwa sebaiknya menggabungkan kedua lokasi dengan menggunakan “membangun” jaringan wireless sendiri bukan “menyewa” jaringan wireless tentu membawa anda ke level yang berbeda pula.
    Sebagai pertimbangan apakah SDM yang tersedia untuk melakukan maintenace dan perawatan setiap saat sudah siap dan tersedia. Kemudian perangkat untuk melakukan perawatan tentu juga perlu dijadikan pertimbangan.
    Saya kira kalau masalah dana tidak begitu dipermasalah kan🙂.
    Terimakasih.

    [chandra] say :
    Terima kasih ya mas Maulana, Memang saya akui SDM kami masih lemah, cuman tidak salah bila belajar dari Pengembangan tsb. Saya senang sekali bapak bisa maen kemari, tolong berikan sarannya buat saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s