Video Conference Jembatan Komunikasi Alternatif


Beberapa waktu yang lalu saya, bersama kawan-kawan di beberapa daerah mengikuti suatu diskusi menarik bertajuk Aspek Organisasi dan SDM Dalam Pelaksanaan SIKDA. Secara seremonial diskusi ini dibalut dengan rangkaian acara Seminar. Diskusi ini melibatkan pihak UGM dalam hal ini Peminatan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan – Ilmu Kesehatan Masyarakat – UGM yang ber kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Diskusi tersebut memanfaatkan fasilitas SIKNAS ONLINE berupa Video Confrence. Sebelum mengikuti diskusi tersebut, sekitar pukul 08.00 wita saya coba untuk menghubungi beberapa kawan sejawat saya seperti Sugeng Wiyana dan Oslan Daud via SMS. Alhamdulilah tanggapan mereka sangat positif dan berusaha untuk segera meluncur ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Sekitar pukul 08.30 wita saya coba menghubungi Pak Devi, beliau penanggungjawab SIKNAS ONLINE di tempat saya.  Dengan segera beliau mengaktifkan fasilitas SIKNAS ONLINE yang ditempatkan pada Ruang Data dan Informasi Dinkes Prov Sulteng. Tak banyak kendala bla, bla, bla. Oslan dan Sugeng hadir tepat waktu, acara dimulai dengan sedikit persiapan dengan kawan-kawan di DIY dan Sulsel. Selanjutnya kami di Invite PUSDATIN, seketika terlihat Dr. Bambang Hartono, SKM, MSc. (Ka Pusdatin Depkes), Prof. Hari Kusnanto, Prof. Laksono Trisnantoro, Anis Fuad, DEA, Kadis Kesehatan Prov DIY Pak Bondan dan kawan kami Sugiharto.

Acara ini dibukan oleh Kadis Kesehatan Prov DIY, sayangnya untuk sesi Pembukaan dan Pemaparan Prof. Hari terdapat kendala pada suara yang tidak jelas. Secara pribadi saya sangat menyangkan hal ini terjadi, karena jarang2 lho kita bisa dapat kuliah gratis dari beliau. Dengan gesit Pak Devi menghubungi kawan2 di PUSDATIN. Sepatah dua kata dengan kawan di PUSDATIN katanya sabar sedikit, mereka lagi berkoordinasi dengan pihak PATRAKOM.

Tak lama kemudian, suara pak  Bambang Hartono di sesi kedua telah jelas. Saya coba menyahuti beberapa isu yang kayaknya perlu untuk saya ketahui. Diantaranya bagaimana membangun komitmen organisasi dalam mendukung pelaksanaan Siknas Online. Peran Pusdatin dalam menerangkan kepada para pejabat di Daerah akan pentingnya pengembangan Siknas Online, bagaimana menjaga agar program ini dapat berkesinambungan.

Dg. Sudarianto dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan juga mencoba menyahuti seputar penggunaan ICD X serta pentingnya menggagas Forum diskusi TIK. Sayang pelaksanaan Diskusi Online ini tidak disaksikan Para Petinggi di Dinas kami. Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari diskusi setengah hari ini.

Penggunaan fasilitas Video Confrence ini juga dapat menghemat penggunaan anggaran guna mendatangkan nara sumber pusat. Di masa mendatang kiranya fasilitas ini dapat dipergunakan sebagai sarana diskusi dengan kawan-kawan di Pusat. Nara sumber tidak perlu datang ke daerah (kecuali untuk kegiatan yang membutuhkan praktek dan advokasi ke masyarakat kayaknya) cukup dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mendengarkan materi dari nara sumber di pusat (depkes).

12 pemikiran pada “Video Conference Jembatan Komunikasi Alternatif

  1. Kedepan memang sangat strategis bila fasilitas yang sudah disediakan dengan dana tidak sedikit ini bisa dimanfaatkan secara lebih optimal. Prof. Laksono sudah deal dengan Oslan Daud tentang rencana video conference dengan Dinkes Kota Palu, tinggal atur jadwal aja, insyaAllah kami bisa bantu.

  2. Seru Pak…
    Kalau bisa diadakan lagi nantinya di semester 2,
    Pertama ini kami yang SIMKES 2008 masih membaca situasi,dan demam Panggung…
    di Semester 2 Pastinya Ilmunya dah nambah pasti banyak masukkan dan pertanyaan yang akan ditanyakan ke Pusdatin dan Narasumber….
    Masih Patrakom yang menang tender di Pusdatin????
    Koq di Kabupaten saya belum dipasang ya????
    Padahal seharusnya Tahun 2007 seluruh Kabupaten di Kaltim telah terpasang berdasarkan Target….
    Tapi karena ada MisKom antara Pusadati dan Pihak Patra jadi g sempat conect…
    Patrakom duluan datang untuk memasang Hardwarenya sedangkan jaringan belum di pasang oleh TELKOM alahasil tempat kami tidak dapat conect… (Wach… Saya koq curhat disini ya??? Harusnya PUSDATIN….) klo gitu ntar saya hubingi Bu Rahmaniar lagi…. ^-^

  3. Sip
    Nanti saya buat pelatihan di Sulsel, narasumbernya dari Palu tidak perlulah ke Makassar…………….. Tinggal kirimkan aja honor narasumbernya ya, OK

  4. Saya setuju dengan ketidakbutuhan video conference terutama untuk pelatihan yang bersifat teknis dan advokasi. Kalau pelatihan gitu masih pake video conference, capek dehhh.. gak bisa jalan-jalan lagi hehe..

    Okelah untuk membahas masalah manajerial. Dulu jaman chating pake mIRC, saya pernah menjadi operator untuk diskusi onlen dengan chat, waktu itu pembicaranya juga Prof. Laksono. Hasilnya, jari-jari perlu dipijet.

    Soal SIKNAS Online? oh my God… beri terang hati hamba…

  5. Kapan ya kita bisa main2 di Video Confrence dengan mas Jojok, mungkin kalo mas Jojok mau Ngetes saya bisa hubungi Mas Ugik di Dinkes DIY, nanti bisa juga diundang Mas Anto(Konke) …. piye mas ..

  6. nah itulah, saya gak di jogja, saya di klaten hehe.. tp kalau mau pake jaringan Siknas sih biasanya saya bisa make dimana-mana. Kadang kalau ke dinkes magelang, sukoharjo, atau dimana gitu, saya suka nengok2 komputer Siknas. bulan depan saya ada pendampingan agak lama di kota magelang, nanti saya kabari sapa tau bisa nebeng online dari Dinkes Kota Magelang. mudah2an saja speednya real 256, kadang2 yang ada 2,56 hehe…

  7. kalo di dinkes Kab/Kota fasilitas Video Confrence bawaan DEPKES kayaknya belum ada mas, mungkin kalo mas Jojok main ke Dinkes Provinsi layanan VCnya bisa dipergunakan ..

  8. oh gitu.. kalau gitu vc lewat yahoo messenger saja, bsk saya beli webcam dulu😀 kalau pas sinyal lancar saya kira bisa dipake juga, dan gak perlu perangkat keras secanggih punya SIKNAS..

  9. boleh jga mas, cuman kayaknya hasilnya jauh beda lah & kalo cuman mau Chat gak perlu signalnya bagus atau make YM mas, di jaringan siknas online kita bisa main pake netmeting (bisa cam jga kk).

  10. He….pada ngomongin Video Conference ya????
    Ikutan dong….

    Mas….Memangnya berapa sih harga ntue alat????
    Rencananya sih pengen tak pasang di rumah biar kita bisa video conference2- san….Capek dech Chat melulu….
    Jari jari bengkak2 kayak gini….

    He…

  11. pak akbar kalau vicon itu tidak diperuntuhkan di rumah. kecuali kita punya link untuk IP video phone. dan terkoneksinya pakai 3G. baru bisa

    disini kita coba share nya. saya main di vicon soalnya

    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s