Agresi Virus Ke Komputer Puskesmas Biromaru


Menindaklanjuti hasil cuap-cuap saya sebelumnya, sekitar tanggal 5 Januari 2008 saya dan Prof. Sugeng mengatur jadwal kunjungan ke-2 di Puskesmas Biromaru. Kunjungan kami kebetulan sudah direncanakan sebelumnya karena Kepala Puskesmas Biromaru menghubungi Prof Sugeng, untuk melihat kemungkinan memperbaiki Data Rekam Medik 2008 untuk bulan Nopember Desember yang hilang.

Setelah tiba di Puskesmas Biromaru kami mencoba untuk mengembalikan data yang telah hilang dimaksud, namun sampe kringatan tetap data tersebut entah kemana. Dengan sangat kecewa terpaksa data rekam medik untuk bulan desember 2008 hilang, raut wajah petugas SP2TP telihat sedikit mengerut.

Hilangnya data ini kemungkinan besar bisa terjadi karena kesalahan rekam data petugas SP2TP ataukah karena pengaruh Virus yang sudah menjadi-jadi di Komputer itu. Diruangan komputer tersebut terdapat 2 buah komputer, komputer pertama katanya dipergunakan untuk keperluan pembuatan administrasi Puskesmas seperti SPJ hingga dipergunakan untuk penyuluhan di Desa-desa. Komputer ke-2 secara khusus disiapkan oleh Kepala Puskesmas untuk pengolaha data SP2TP.

Sayang, masalahnya sekarang adalah kedua komputer tersebut tanpa disadari menjadi Peternakan Virus yang sangat subur. Saya menyarankan untuk menginstal ulang OS ke-2 komputer tersebut kepada kepala Puskesmas. Tetapi saat itu hadir juga salah seorang Staf Puskesmas yang katanya bertanggung jawab akan keberadaan komputer-komputer di Puskesmas Biromaru ini. Kemudian di berkata “teada masalah itu komputer pak, baru saya perbaiki kemarin di tempat service, kemarin saya pake masih bagus“. Wajah orang Puskesmas itu terlihat sangat Kontra akan kehadiran kami.

Nada bicara itu membuat saya jengkel, dan tertawa dalam hati, kasihan, sedih dan terdiam. Prof Uteng terlihat meyela pembicaraan dengan mengatakan “beh’ .. pe’ banya’ jo virus di komputer mu ini, kalo memang habis diperbaiki’ harusnya so bagus, mungkin’ waktu kau servis te’ ditaro antivirus“. Saya so te’ baku enak, kemudian saya sarankan untuk menawarkan perbaikan komputer itu secara gratis. Tetapi untuk saat itu saya sama sekali tidak bawa persiapan. Kebetulan Prof Sugeng membawa sedikit perlengkapan perang. Saya coba install ulang komputer tersebut dengan peralatan perang yang ada.

Setelah berlalu sekitar 45 menit instalasi OS telah selesai dan sukses, tetapi yang menjadi masalah, driver komputer tersebut tidak mau diinstal. Untuk Sound Card sama sekali tidak memberikan reaksi suara, hanya diam. Setelah mencoba beberapa kali, terlihat bahwa driver ini membutuhkan updetan terbaru dari OS yang saya install tadi.

Untuk sementara saya abaikan saja Sound card yang belum beres, saya coba melengkapi komputer tersebut program office. Dengan sangat menyesal komputer tersebut hanya bisa dipergunakan untuk mengetik apa adanya dulu. Dalam benak saya, wah bapak yang tadi pasti mengeluh lagi nanti, karena dengar-dengar dia paling suka kerja dikomputer itu diiringi alunan musik dari komputer. He … sabar .. sabar, mungkin dengan pelajaran ini kami bisa menimba banyak pengalaman.

Tidak terasa saat itu waktu telah menunjukkan pukul 13.00 dan sejak pagi kami belum laporan dikantor masing-masing. Dengan meninggalkan pekerjaan yang belum beres, kami terpaksa meninggalkan Puskesmas Biromaru menuju Kantor masing-masing dan berencana untuk kembali 1 atau 2 hari mendatang guna memulihkan komputer tadi. demikian.

7 pemikiran pada “Agresi Virus Ke Komputer Puskesmas Biromaru

  1. pengalaman-demi-pengalaman akan berlalu, BADAI PASTI BERLALU.
    Yang penting …sekarang perlu prosedur kerja bagaimana menanggulangi masalah … supaya jangan terjadi dikemudian hari atau di tempat lain.
    Nampaknya penanganan komputer DATA yang bermasalah di puskesmas, perlu melalui sebuah prosedur, dari pada langsung bertindak sendiri-sendiri, misalnya langung bawa untuk service, tanpa diketahui yang berkompeten/berwenang.
    Salam Pak.

  2. wah tu pegawai ga tau yach kalau yang datang d pkmnya dedengkot komputer ……atau sih pegawai servicenya cuman disimpan dirumah tapi ongkos operasional pkm perbaikan komputer sdh di embat….mana mungkinlah klu di servicenya kmarin virusnya banyak atau masih ada…..atau sih pegawai udah ketipu sama tukang service mungkin komputernya cuman di scan antivirus pake antivirus lama yg ga di update,trus tkng servicenya blg udah bae daripada format kembali makan waktu……

  3. he … to Daeng Limpo & Ihm : Kmaren gak sempat di Backup karena komputernya ngadat trus, mungkin itu orang so pastiu liat torang pe muka di Puskesmas biromaru. he ….

  4. buka control panelx dulu trus pilih adminstor tools
    trus kemudian pilih local security settings
    trus pilih local policies
    trus pilih security options
    trus coba cari di windows kiri cari :
    “Network Access : sharing and security model for local accounts”
    trus ganti aja pake’ classic
    mau di model sharing gimana
    READ ONLY
    FULL

    masuk control panel —> performance n maintenance —> administrative tools —> computer management —> system tools —> local user n group —> users —> klik kanan pada icon guest —> pilih set password

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s