Laporan Realisasi, Bahan Ikutan Rapat dengan Kadis.


internetbusinessAss … Dear all,

Lama tak nulis lagi kawan, hari ini saya kembali. Hari ini ada hal yang menarik terjadi di Tempat kerja saya. Sekaligus daya ungkit hingga menjadi topik terbaru saya. Sebelumnya dihari Kamis, 21/04/09 saya masuk kantor untuk menyelesaikan beberapa tugas yang tersisa sekaligus menyusun jadwal kerja untuk esok hari. Salah satu agenda penting yang saya rencanakan untuk dikerjakan esok hari atau hari ini yaitu menyampaikan Rencana Pelaksanaan Kegiatan 1 (satu) bulan kedepan beserta besaran anggarannya.

Yang menarik disini, pagi ini saya bergegas ke kantor untuk menyampaikan Rencana kerja tersebut ke Pimpinan Kegiatan, namun bertepatan dengan pertemuan kadis dengan para pemimpin kegiatan penyampaian Rencana Pelaksanaan Kegiatan tersebut tertunda hingga acara itu selesai. Tiba-tiba sang Pemimpin Kegiatan mendatangi ruangan kami sebelum acara tersebut dimulai, jujur saya merasa terbantu karena kedatangannya. Tetapi rasa senang itu tiba-tiba berubah menjadi hambar. Dengan seenak dengkulnya datang dengan wajah marah dan seakan menghakimi kami seruangan. Apa saja yang dia ucapkan tadi, saya rasa tidak penting lagi. Analisa saya mungkin karena dia belum memiliki bahan berupa realisasi anggaran dan realisasi fisik kegiatan yang dikelolanya sebagai dasar untuk mengikuti pertemuan dengan Kadis. Tentunya bila laporan tidak lengkap siap-siap dapa’ gonggong bos .. he he ..

Pertanyaan lain barangkali, apa perlu memungut laporan lagi dari masing-masing pengelola kegiatan, trus kalau dasarnya pengelola kegiatan tidak membuat laporan’ kerja bendahara apa saja ?  Apa anggaran dapat dicairkan langsung ke pengelola kegiatan tanpa melalui Bendahara ?  Apa pengaruh Bendahara terlalu besar dibanting Pemimpin Kegiatan sehingga untuk memerintahkan Bendahara membuat laporan tidak bisa ?

Pertanyaan diatas sepertinya menjadi kuncinya. Sungguh kasian, saya berfikir kembali’ sebenarnya dasar pemilihan orang ini sebagai Pemimpin kegiatan apa ya … IP dengan pejabat mungkin, ato tukang cari muka atau apa lah. Manajemen kegiatan yang buruk dan terkesan kurang memahami penatausahaan APBD di SKPD terlihat padanya. Bila masalahnya hanya laporan realisasi anggaran, tentunya sebagai pemimpin sebelum menerbitkan Surat Permintaan Pembayaran ke PPK di masing-masing SKPD seharusnya kita memiliki draft SPP berdasar Dokumen Pelaksanaan Anggaran masing-masing kegiatan yang uangnya akan dicairkan. Draft SPP tersebut yang nantinya bila telah sesuai dengan ketentuan pencairan anggaran akan dituangkan kedalam SPP selanjutnya, menjadi SPM dan menjadi SP2D bila anggaran telah cair ke Rekening Bendaharawan. Sangat mudah nilai SP2D yang cair tinggal anda catat saja. Atau bila masih ragu-ragu silahkan perintahkan Bendahara anda untuk membuat Rekapan Permintaan Dana sesuai No SP2D yang telah cair. Atau lagi, dengan sangat mudah juga, Saat ini Penatausahaan APBD telah menggunakan Aplikasi (Software), tinggal minta tolong Operator untuk ngeprint Laporan Realisasi Anggaran saja, bereskan !!!

Kembali ke Rencana Pelaksanaan Kegiatan yang telah susah payah saya susun, dengan sangat terpaksa saya tunda dulu hingga senin minggu depan atau pada hari mood saya saja. Tentunya, dengan sendirinya kontribusi peningkatan realisaisi anggaran untuk kegiatan kami juga akan terlambat guna mengejar Target 17% pada akhir bulan Mei ini. Terserah jo …….

Disamping cerita diatas, agenda kerja saya hari ini alhamdulillah dapat terpenuhi.

Gambar disadur dari Romi Satria Wahono

Technorati tags: , , , , ,

2 pemikiran pada “Laporan Realisasi, Bahan Ikutan Rapat dengan Kadis.

  1. Om…..hati2 dengan penilaian yang tajam dengan seseorang via dunia maya……nanti malah sepertio buk Prita..heee….salam buat pak Prof Os dan MAs Uteng, om….juga buat ponakan ku Rasya…..

  2. Ass ..

    Om Dino ….. Om Dino ….
    Gimana kabar om ? Santai saja om, kiranya kritik dihari2 mendatang bukan disalah gunakan untuk menjrumuskan ide-ide ke ranah hukum. Justru dari kasus ibu Prita bisa menjadi pelajaran penting kita untuk bisa membaca lebih cermat.

    Gimana kbar di RL om ? Diyo sma Anggun sehat-sehat kan?

    Prof OD kebetulan minggu lalu dilantik di Badan Narkoba Kota Palu jadi kasie Rehabilitasi dan Terapi.

    Kapan telpon2 nan om ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s