Rencana ke Ngawi


Ass …..

Menjelang penghujung tahun 2009 suasa di UPT baru ini kian hari bertambah panas. Panas dalam tanda kutip kuantitas pekerjaan kian bertambah dengan sendirinya. Bahkan sangat terasa saat kegiatan Penelitian Kajian Angka Kematian Bayi di Kabupaten Donggala mendekati penyelesaiannya disela-sela itu kami harus menyelesaikan beberapa rangkaian kegiatan rutinnitas Sie Datin. Pekerjaan rutinitas tersebut diantaranya Profil Kesehatan Tahun 2008, Buku Saku Data Dasar Kesehatan Sulawesi Tengah dan tentunya Draft Rencana Induk Pengembangan SIKDA di Sulawesi Tengah.

Secara organisasi sebenarnya posisi UPT ini sangat membutuhkan 2 (dua) orang pemimpin regu untuk mengisi kekosongan penyusunan strategi di Surveilans dan DATINLITBANG. Namun, kami sangat bersyukur karena saat ini telah ada Panglima Perang (eselon III) sebagai Kepala UPT, sehingga dengan bantuan dan arahan beliau jalan kami kian hari kian terarah.
Kembali kejudul, sesuai hasil kesepakatan kami bersama kawan-kawan dipenghujung bulan ini telah terjadwal kunjungan ke Kabupaten Ngawi via Jogja. Apa yang kami lakukan disana? Tidak jauh-jauh dari kegiatan kami yg telah saya sebutkan diatas yaitu penyelesaian Draft Rencana Induk Pengembangan SIKDA di Sulawesi Tengah. Jujur, dari hasil pengamatan singkat kami, saat ini di Indonesia belum ada Provinsi yang dengan sungguh-sungguh dapat menerapkan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) di Tingkat Provinsi apalagi untuk menurunkannya menjadi SIKDA Kabupaten/Kota (Koreksi saya bila pendapat saya ini salah). Saat ini justru sedang tumbuh SIKDA yang dikembangkan oleh Kabupaten/Kota secara Bottom Up dengan belum terkoordinir dengan pihak Provinsi, banyak hal faktor penggangunya tidak saya bahas kali ini.

Ngawi kami diantanya karena guna menangkap peluang-peluang pengembangan SIKDA Bottom Up. Konon menurut pemateri pada Seminar Sehari Sosioteknis di UGM kamaren daerahnya (Ngawi) telah mencoba mengembangkan komputerisasi di Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Dari sisi Aplikasi pembantu mereka mengembangkan sendiri. Sehingga ketergantungan terhadap Vendor dapat teratasi.  Sisi manajemen, bagaimana menciptakan Komitmen di Dinas dan Puskesmas, bagaimana mengikapi kesulitan penggaran kegiatan SIK dan yang penting bagaimana mereka menjaga keberlangsungan sistem yang telah dibangun merupakan hal penting yang akan kami cari di sana.

Tim akan kami bagi menjadi 2 Tim, Tim I akan melaksanakan pertemuan dengan Stakeholder Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi dan Tim 2 akan terjun langsung ke Puskesmas mengamati apa yg dilakukan di Puskesmas, bagaimana pengaruh aplikasi yang ada terhadap kinerja petugas, bagaimana alur data yang tercipta dan secara substansi data kami mencoba mengamati metadatanya.

Dalam kunjungan kali ini kami berusaha untuk mendokumentasikannya dan menuangkannya kedalam Draft Rencana Induk yang tengah kami susun sehingga dapat bermakna. Tidak lupa pula, kami mencoba untuk mengajak kawan-kawan dari Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah untuk berpartisipasi sekaligus ajang kami memperkenalkan Draft Rencana Induk Pengembangan SIKDA Sulawesi Tengah. Harapan kami teman-teman dari Kabupaten/Kota dapat termotivas serta dapat bekerja secara berjenjang dengan kami di Proivnsi.

Saya pribadi mencoba untuk mengundang kawan-kawan Alumni Simkes UGM 06 dan angkatan2 lain, untuk secara bersama-sama dapat hadir pada kegiatan tersebut.  Kesempatan tersebut dapat kawan-kawan jadi sebagai ajang share pengalaman selama kembali ke daerah masing-masing sekaligus sebagai pemanasan mengingat-ingat kembali pelajaran kita dulu. Mbak Lilik dari Palangkaraya sepertinya akan berpartisipasi pada acara ini, ada yg lain?????????? wik pie ????

Sekian dulu, tulisan ini sekaligus Undangan resmi ke kawan-kawan Simkes UGM 06 yang kiranya berminat pada acara kami ini.

Wasalam …

2 pemikiran pada “Rencana ke Ngawi

  1. Kalau benar di Kabupaten Ngawi telah teraplikasi SIMKES by Bottom up asyik dong, bagaimana kalo kita menduplikasi, ya tentunya dengan syarat n ketentuan berlaku kali. Kebetulan kami sedang merancang yang namanya SIMKES untuk kabupaten di Kalimantan Tengah tapi yang kiranya bisa familiar dengan petugas puskesmas. Kami siap untuk bergandeng tangan guna input bareng SIMKES tersebut? untuk kawan-kawan lain yang minat mari kita ikutan n dijadwal gitu lo, biar efektif men….Kualitas data penting lo termasuk kualitas waktu pultanya ya,,ngga..3, ok thanks yang udah mao joinnt…

    salam dari Pangkalan Bun- Kalteng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s