Salakan, Permata Banggai Kepulauan di Sulawesi Tengah


Salakan merupakan ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan, salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten yang berpenduduk sebesar 171.627 jiwa (sensus 2010) ini berbatasan langsung dengan Teluk Tomini disebelah utara, Laut Maluku di sebelah timur, Teluk Tolo disebelah Selatan dan Selat Peling di sebelah barat. Banggai Kepulauan terdiri dari gugusan pulau sedang dan kecil tercatat sebanyak kurang lebih 121 pulau.

Jika anda ingin melakukan perjalanan menuju Salakan dari Palu Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, dapat ditempuh melalui jalan darat maupun menggunakan pesawat udara. Perjalanan mengggunakan jalur darat memakan waktu kurang lebih 16 jam karena jarak Palu – Luwuk sekitar 350 km.

Dari Luwuk ke Salakan dengan Kapal Motor kurang lebih ditempuh selama 3-4 jam perjalanan. Anda juga bisa menggunakan pesawat udara dengan tujuan banggai, selanjutnya menggunakan kapal motor. Karena pelabuhan Salakan berada tepat ditengah kota, Anda dengan mudah bisa berjalan kaki menuju hotel. Atau, menikmati semilir angin pantai dengan mengendarai becak.

Masyarakat di Kabupaten ini umumnya memiliki aktivitas berkebun seperti kelapa, cengkeh, kakao,jambu mete, serta buah-buahan seperti langsat, durian dan manggis. Karena dikelilingi lautan lepas, Banggai Kepulauan sangat kaya akan sumber daya alam laut dan keindahan pantainya.

Tulisan yang sama juga di posting disini.

Satu pemikiran pada “Salakan, Permata Banggai Kepulauan di Sulawesi Tengah

  1. Saya sangt suka daerah banggai, rasanya saya ingin kesana untuk menikmati keindahan alam dan laut nya. semoga banggai akan terus maju dan berkembang tanpa merusak alam nya yg indah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s