Ide Pelatihan Mandiri ?


Dear all …

Malam ini udara Kota Palu terasa sangat dingin, maklum saja beberapa hari ini memang Palu dianugerahi Hujan setiap hari sehingga mempengaruhi suhu yang biasanya kering dan panas, minggu ini terasa lebih sejuk.  Malam ini sebenarnya tidak ada rencana untuk gabung di dunia maya, sebelumnya kami sekeluarga merayakan hari jadi anakku Rifqy yang ke-3, selepas acara sederhana tersebut saya teringat ada sebuah warnet baru di perempatan Emi Saelan – Touwa – Basrah – Jembatan 3, rasanya perlu main kesitu, eh ternyata kesampaian juga. Warnet ini lumayan ada ruangan bebas asap rokoknya dan sepertinya pertama di Palu (CMIIW).

Kok jadi ikalan warnet ya … hehehe …

Dua hari ini di kepalaku kecipratan ide untuk kembangkan ilmu yang hampir punah di otakku. Isi otakku memerintahkan saya untuk berfikir untuk membuat pelatihan mandiri. Apa itu pelatihan mandiri ? Pelatihan mandiri yang saya inginkan bukan berarti saya harus belajar sendiri, tapi membuat Pelatihan dengan beberapa orang saja (sebut saja 4 orang) sebagai panitia sekaligus pemateri. Sebelumnya kebiasaan kami ialah melaksanakan pelatihan yang sudah di rencanakan dan anggarannya telah dipersiapkan satu tahun sebelumnya. Kali ini ide saya bagimana jika membuat pelatihan tanpa bantuan dari Anggaran pemerintah, berusaha sendiri mencari sponsor atau mewajibkan peserta untuk berkontribusi.

Kemudian, materi yang ditawarkan kurang lebih beberapa pelajaran yang pernah kami dapat waktu masih di Simkes, seputar Sistem Informasi Manajemen Kesehatan. Dipelatihan itu topiknya bisa bermacam-macam mulai dari memberikan pencerahan bagaimana mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan yang baik hingga Sistem Informasi Geografis Kesehatan. Sasaran pelatihan ini bisa pada Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota, Institusi Kesehatan maupun ke Organisasi Profesi.

Pelatihan ini terkesan mengerikan bagi anda warga atau alumni Simkes yang mau ilmunya begitu-begitu saja, namun jika anda ingin mengembangkan pengetahuan yang anda miliki melebihi yang didapatkan waktu kuliah disini tempatnya. Saya sendiri tidak punya pengetahuan apa-apa seputar Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, tetapi jika diasah dengan share bersama kawan-kawan dan belajar lagi dari buku pegangan waktu kuliah dulu pada masa persiapan sebelum pelatihan, saya rasa  saya mampu, Amin ..  apalagi anda ..  hehehhee … Dengan Pelatihan  ini bisa jadi ajang Renuni juga om/tante Simkes 06 …. hehehe

Hehehe … Itu baru ide kawan, mau jadi atau tidak kan tidak dosa …

Salam …

3 pemikiran pada “Ide Pelatihan Mandiri ?

  1. Sangat menginspirasi sekali.. Menulislah Selagi Kita Masih Bisa Berkarya..🙂 Semangat..

  2. Ane selalu belajar dari kisah orang kecil namun berhati besar,, yukk mari sebarkan ilmu seluas-luasnya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s