renang


Renang, salah satu bahasan menarik lagi. Sebelumnya, saya pengen tahu, apakah anda bisa renang ? ia .. renang. heehhe. Mengapa renang ? ia .. renang, tentunya alasan utama karena kesehatan, tetapi selain renang anda bisa memilih olahraga sesuai kehendak anda.

DCIM\103GOPRO Kali ini saya coba cerita sedikit mengapa renang menjadi olahraga pilihan saya. Sekitar penghujung tahun 2012 saya mengalami gangguan kesehatan, karena itu terpaksa harus mengambil cuti guna istrahat. Singkat kata, ada kolega yang menyarankan saya untuk sering mandi di laut. Saran beliau saya ikut dan setiap pagi pukul 06.00 s.d 08.00 saya rendam ria di pantai Kampung Nelayan Palu.

Beruntung saat itu sangat banyak warga yang melakukan hal serupa dengan alasan yang sama pula yaitu Kesehatan. Kegiatan dilaut selain rendam ria, saya juga mulai penasaran bagimana cara renang itu. Kala itu memang saya sama sekali tidak tahu renang, apalagi renang di laut yang membutuhkan nyali.

Kira-kira sekitar bulan ke 3 saya rendam ria, ketertarikan untuk belajar renang mulai muncul, usaha yang saya lakukan diantaranya, mencoba renang gaya kuala namun, gagal. Mata perih, mulut dan hidung masuk air laut yang rasanya bikin saya sedih. Karena terasa sangat sulit, saya mencoba lagi untuk belajar gaya data atau gaya celup rendam hehehe ….

Mengapa saya mencoba gaya dada, satu alasannya adalah Penasaran. Diseputaran saya terlihat banyak warga yang umurnya kurang lebih antara 48-55 tahun, dengan fasih melakukan regakan renang tanpa takut terminum air laut bahkan tenggelam. Singkat kata lagi, kira-kira sekitar bulan ke 5, berkat sering mengamati cara renang orang-orang di Pantai Kampung Nelayan cita-cita saya untuk tahu berenang pun terwujud dan bisa berrenang sejauh 10 meter saja. 10 meter saat itu merupakan pencapaian besar saya.

Hehehehe … lucu juga, namun itulah pengalaman saya, untuk bisa kembali kesaat itu rasanya tidak mungkin. Untuk diketahui dalam Islam renang juga sangat dianjurkan, seperti dikutip dalam hadits Umar Ibnu Khatab dalam sebuah Atsar yang di riwayatkan oleh Maqhul, bahwa Umar Ibnu Khatab menulis kepada penduduk Syam yang berbunyi “ajarilah anak-anakmu berenang, memanah, berkuda”(kanjul ummal 11386).

Untuk itu saat ini renang menjadi salah satu aktivitas penting dihidup saya. Bagaimana dengan anda??

Tinggalkan Balasan

